Sejarah

Sejarah singkat SMA Kusuma Bangsa

SMA Kusuma Bangsa mulai beroperasi pada bulan Juli 2000, sedangkan proses pembangunan gedung sekolah dimulai sejak tahun 1999 s.d. 2000. Berbekal tekad yang kuat dan harus siap bersaing dengan sekolah lain yang sudah mapan, serta tanpa memikirkan risiko kerugian finansial akhirnya dipersiapkanlah segala sesuatu untuk mendirikan sekolah yang bermutu. Persiapan tersebut berupa gedung, tenaga pendidik, tenaga administrasi, dan lain-lain. Semua persiapan akhirnya dilakukan secara maraton dan diselesaikan dalam jangka waktu setahun.

SMA Kusuma Bangsa juga dapat berdiri berkat dukungan orang-orang yang sudah berkecimpung selama puluhan tahun dalam dunia pendidikan, antara lain Bapak A.K.Kinardi (almarhum), Bapak Noersinggih, Bapak F.Penny Effendi dan Bapak Sandhya Jayaprana. Tentunya ada kekhawatiran apakah sekolah ini dapat berjalan dan diminati oleh masyarakat. Ternyata berkat dukungan Bapak-Bapak yang sudah berpengalaman di bidang pendidikan tersebut, animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya cukup besar. Ini terbukti pada awal berdirinya SMA Kusuma Bangsa yang menerapkan tes masuk, ada sebagian peserta yang tidak diterima.

Tahun demi tahun dilewati dengan berbagai cobaan yang cukup berat. Berbagai rintangan datang menhadang. Dengan tekad bulat hati yang jujur dan teguh serta motivasi yang tinggi dari seluruh komunitas SMA Kusuma Bangsa, akhirnya berbagai prestasi telah dicapai dan kepercayaan masyarakat kepada SMA Kusuma Bangsa telah terbentuk seperti sekarang ini.

Saat ini SMA Kusuma Bangsa sudah memasuki usia yang ke-14. Usia yang memang tergolong masih muda. Jalan yang ditempuh masih panjang. Tugas berat masih perlu terus dilakukan demi kemajuan sekolah ini. Harapan kita semua SMA Kusuma Bangsa tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal ataupun nasional saja, melainkan dikenal juga oleh masyarakat internasional.

Back to Top